Masih ada yang belum tahu??

4/01/2013 12:56:00 AM ratna rahmat 0 Comments

Assalamualaikum Wr.Wb.

Sebentar lagi hari berganti,ya kurang lebih 30 menit lagi lah.saya sendiri harusnya sudah tidur,dan bangun lebih cepat dan tetap segar karena besok ada rencana temani seseorang ke pengadilan,iya pengadilan,sebenarnya sih dilema juga ya tapi karena berbagai pertimbangan saya memilih untuk menemani,(tidak usah dipikirkan alasannya).tapi karena tadi saya sudah tertidur pulas setelah pulang dari rumah mama elles,antara tidur sama pingsan sih mengingat saya baru saja mengalami penganiyaan ringan oleh dua bocah hiperaktif disana.

Tapi ada hal yang maksa saya untuk mampir kesini,besokkan sudah bulan April ya?biasanya ada habit dari orang kebanyakan yang bikin semacam becandaan mulai dari yang level gerimis sampai becandaan yang level badai (jadiin berita kematian sebagai lelucon) dengan dalih "april mop" atau yang biasa juga disebut "April fools" penasaran? sama ,saya juga ini ada sedikit info dari mana-mana :)
April Mop,dikenal dengan April Fools' Day dalam bhs inggris,diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun.Pada hari itu, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah.Hari ini ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya terhadap siapa saja dengan tujuan mempermalukan orang-orang yang mudah ditipu. Di beberapa negara seperti Inggris dan Australia serta Afrika selatan lelucon hanya boleh dilakukan sampai siang atau sebelum siang hari.Seseorang yang memainkan trik setelah tengah hari disebut sebagai "April Mop".Namun di tempat lain seperti Kanada, Perancis, Irlandia, Italia, Rusia, Belanda, dan Amerika Serikat lelucon bebas dimainkan sepanjang hari. Hari itu juga banyak diperingati di Internet.

Tapi apa alasan kenapa orang-orang menganggap lelucon konyol di 1 April boleh saja dilakukan tanpa dianggap bersalah?seperti kisah dari masa lalu pada umumnya atau kita sepakati sebagai sejarah ada beberapa versi yang melatar belakangi antara lain 

Dalam versi Eropa, sejarah April Mop tak lepas dari keputusan pemimpin umat katolik tertinggi pada 1582,paus gregorius XIII, untuk mengganti kalender Julian. Sebelumnya, menurut kalender Julian perayan Tahun Baru dirayakan setiap tanggal 1 April. Dengan adanya kalender baru Gregorian, Tahun Baru dirayakan pada 1 Januari.Tetapi karena ada banyak orang di Eropa, khususnya Prancis, yang tidak mengetahui hal tersebut, Tahun Baru masih dirayakan pada 1 April. 
Di Perancis ,disebut Poisson d’avril atau ikan April. Mereka percaya ikan kecil itu gampang tertangkap atau tertipu.Di Skotlandia istilahnya April gowk, yang berarti burung tekukur yang disana melambangkan kepolosan. Di sana, April Fools Day malah diperingati selama dua hari. Hari kedua khusus untuk meledek anggota badan dan disebut Taily Day.Lain lagi di Inggris, kalau anda tertipu and disebut April noddie. Di Indonesia sendiri populer dengan nama April Mop. Dalam bahasa Belanda mop berarti kelakar.

Tapi tahu tidak kalo ada versi lain yang mencengangkan(biar dramatis)

Sejarah April Mop menurut versi Islam diawali ketika tentara muslim di Spanyol yang kalah perang melawan tentara Salib dijanjikan untuk dibebaskan setelah mereka kalah perang. Namun, menurut cerita, ketika para tentara muslim masuk ke kapal yang katanya akan membawa mereka keluar dari Spanyol, justru tentara Salib langsung membantai mereka di dalam kapal tersebut.
Bagi umat Islam, April Mop tentu merupakan tragedi yang sangat menyedihkan. Hari di mana ribuan saudara-saudaranya se-iman disembelih dan dibantai oleh tentara salib di Granada, Spanyol. Sebab itu, adalah sangat tidak pantas juga ada orang Islam yang ikut-ikutan merayakan tradisi ini. Siapapun orang Islam yang turut merayakan April Mop, maka ia sesungguhnya tengah merayakan ulang tahun pembunuhan massal ribuan saudara-saudaranya di Granada, Spanyol, 5 abad silam.
lengkapnya baca disini

sejarah memang selalu menjadi milik siapa yang menceritakan,
tapi demi saudara seiman kita *Al fatiha


Wassalam


sumber lain:
http://id.wikipedia.org/wiki/April_Mop
http://terselubung.blogspot.com/2010/04/sejarah-april-mop-april-fools-day.html
http://www.eramuslim.com/berita/tahukah-anda/april-mop-hari-dimana-umat-islam-dibantai.htm#.UVhcnxfwniM
http://www.mobilegazette.com/april-fool-2007.htm

You Might Also Like

0 komentar: