How to Write Creative Content Blog

7/05/2016 06:11:00 AM ratna rahmat 0 Comments

Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Jadi postingan kali ini saya akan cerita soal kelas menulis dari komunitas Anging mammiri  tapi ini khusus buat perempuan (Makkunrai Anging Mammiri),kalo tidak salah ini sudah kelas keempat tapi karena saya sndiri baru dua kali bisa ikut,yang pertama ada di sini
tiap kali kelas menulis dibuat selalu drngan tema yang menarik dan pastinya bermanfaat buat kita (utamanya saya,si blogger moody)

Bulan Ramadhan biasanya jadi momen seru untuk ketemuan sambil berbuka bersama dengan teman-teman kan
tapi tahun ini saya memilih mengurangi aktifitas di luar saat berbuka,lebih memaksimalkan 'di rumah saja'
tapi pas dapat info kalau akan ada kelas menulis sambil berbuka bersam saya tidak perlu berpikir dua kali,langsung daftar dan noted di kalender
untuk saya tema kelas menulis kali ini seperti es campur menjelang berbuka,Why
bikin makin haus...

kelas menulis kali ini menghadirkan kak Vita (autor) sebagai pemateriya dan kedai papa ong jadi tempat kita berkumpul di Jumat kedua Ramadan tepatnya tanggal 17 juni kemarin.Saking semangatnya ikut kelas ini saya yang biasanya datang terlambat bisa datang tepat waktu.padahal memang di rumah belum terlalu sibuk dengan urusan jualan kue kering.
sebagai blogger penting rasanya untuk tahu dan paham bagaimana menulis sebuah konten kreatif yang bisa membuat nyaman pembaca dan memaksimalkan tujuan sharing informasi.
dan hari itu  saya datang dengan banyak pertanyaan di kepala saya

kelas dimulai setelah shalat Ashar,agak molor memang tapi mengingat masih hari kerja dan lalulintas yang macetnya sering takterduga jadilah peserta yang lain datangnya agak belakangan.
kak vita memulai kelas dengan mempersilahkan kita menyebut nama dan nama blog.


setelah itu baru deh kak vita memaparkan tentang sebuah konten yang tidak melulu berupa teks tapi juga bisa berupa foto,infografis,video,presentasi dan podcast yang bisa membuat tampilan blog kita jadi menarik tapi juga tetap informatif dimana hal ini adalah poin penting buat orang-orang betah di blog kita.
gaya hidup urban yang menuntut mobilitas tinggi dan hal-hal yang sesimple mungkin membuat orang cenderung memilih mencari informasi yang strike to the point.Belum lagi fakta bahwa otak kita cenderung menangkap informasi berupa visual.jadi tidak ada salahnya jika postingan kita dipermanis dengan foto atau infografi atau yang lainnya.
tapi kak vita mengingatkan kalau dalam membuat konten kreatif kita tetap harus memperhatikan aturan yang ada,kayak jangan main asal comot foto orang,copy paste tulisan dan tidak mencantumkan sumbernya.
tapi janga karena aturan tadi kita jadi ragu untuk berkreasi ya,kak vita sekali lagi dengan baik hati membagi informasi tentang situs-situs penyedia gambar yang legal buat kita gunakan dan beberapa aplikasi untuk membuat infografis yang nanti bikin blog kita makin manis.

infografis kreatif
slide by kak vita

saya sendiri bukan orang yang cukup jago buat sesuatu yang seperti infografi,video atau pun prensentasi,makanya saya semangat ikut kelas ini,dan selain berbagi tentang bagaimana membuat konten kreatif,kak vita juga membagi tipsnya agar kita bisa fasih
yang pertama pastinya sabar,dalam membuat konten kreatif tidak bisa asal sekali jadi perlu kesabaran untuk menghasilkan konten kreatif yang baik
selanjutnya terus bereksplorasi,terus gali kemampuan kita cari tahu lebih banyak hal di luar kemapuan kita.
lalu jangan lupa berguru pada ahlinya,jangan malu untuk bertanya pada yang lebih bisa,malu cuma akan membatasi kemampuan kita.dan yang terakhir konten yang dibuat harus sesuai,mudah dipahami dan akurat biar pembaca kita bisa lebih mudah mendapatkan informasi yang ingin kita sampaikan.

lebih lanjut kak vita juga kasih bocoran kalau blog kita tampilannya menarik maka pembaca akan betah,kredibilitas blog kita akan terjaga dan ini bisa berdampak baik bagi kita, dan tentunya buat saya pribadi.
setelah kak vita selesai dengan slidenya kita ngobrol bebas,saya lebih banyak menyimak.karena secara random apa yang teman-teman lain tanyakan sudah mewakili pertanyaan di kepala saya,belum lagi kak vita sudah cukup detail memarpakan informasinya

dan tidak menunggu lama waktu berbuka tiba,hidangan yang sudah kita pesan selagi kelas berlangsungpun,satu-persatu disajikan.
setelah makan bersama,satu -satu kita pamit kembali kerumah dan aktifitas masing-masing dengan informasi baru di kepala kami. eh tapi tidak lupa..momen sakral: Foto Bersama
blogger perempuan
pic by Qia


You Might Also Like

0 komentar: